Senin, 24 November 2014

Ini Tanggapan Toyota Indonesia Perihal Kenaikan Harga BBM

// // Leave a Comment
Jakarta, KompasOtomotif - Rencana pemerintah Indonesia menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) subsidi jenis Premium dan Solar mendapat dukungan dari salah satu pelaku industri otomotif domestik, Toyota. Sebagai pemasar terbesar mobil di Indonesia, Toyota menjadi salah satu pihak yang dipastikan terkena dampak kenaikkan BBM.

Rahmat Samulo, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) mengatakan, perusahaan akan mendukung kebijakan yang dikeluarkan pemerintah Indonesia. Tapi, dengan catatan kenaikan sifatnya tidak mengagetkan pasar.

"Sebaiknya kenaikan BBM dilakukan bertahap, supaya pasar tidak langsung shock," jelas Samulo di Jakarta Selatan, Selasa (9/9/2014). 

Menurut Samulo, langkah yang dilakukan PLN dalam menaikkan harga Tarif Dasar Listrik (TDL) sepanjang tahun ini termasuk efektif. Meskipun jika ditotal kenaikkan cukup besar, tetapi jika dibebankan secara bertahap tidak akan menciptakan gejolak di pasar.

"Kita pelaku industri semua sudah tahu, kenaikan BBM itu memang harus dilakukan demi membantu anggaran belanja pemerintah," lanjut Samulo.

Ditanya soal seberapa besar dampak kenaikan BBM subsidi terhadap pasar otomotif nasional, Samulo mengatakan, hal itu sangat tergantung dari besaran harga yang diputuskan. Semakin besar kenaikan, maka lebih masif juga pengaruh negatifnya terhadap penjualan mobil.

0 komentar:

Posting Komentar