Selasa, 02 Desember 2014

FIA Siapkan Larangan Instruksi Lewat Radio buat Pebalap F1

// // Leave a Comment
Paris, KompasOtomotif - Regulasi baru akan dilansir FIA (Federation Internationale de l'Automobile) terkait balapan Formula 1. FIA bakal melarang bentuk komunikasi melalui radio antara kru tim dan pebalap.

Auto Motor und Sport melaporkan, tren instruksi radio tentang bagaimana setiap pebalap mengendarai mobilnya sedang meningkat di musim ini. Penggunaan radio tersebut sudah bukan lagi memberikan informasi terkait kondisi mobil atau balapan, tapi mengarah ke perintah tim kepada pebalap.

Salah satu contoh instruksi melalui radio terjadi pada balapan GP Italia, di Monza lalu. Pemimpin klasemen Nico Rosberg diketahui meminta perintah dari race engineer Mercedes, Tony Ross. "Beri saya instruksi mengemudi," ujar Rosberg melalui saluran radio.

Contoh lain ketika pimpinan kru Ferrari, Andrea Stella, memerintahkan Fernando Alonso, untuk mengambil jalur lain pada tikungan 10 di Monza akhir pekan lalu. Dua instruksi tersebut seakan memudahkan pembalap mengambil keputusan saat berada di lintasan.

Kini, FIA akan melarang jenis pesan radio untuk semua pebalap yang efektif dilakukan di GP Singapura, pekan depan. Sebagai gantinya, bila driver membutuhkan bantuan kru, harus lebih dulu menekan tombol yang ada di batang kemudi.

Badan yang mengatur F1 tersebut menjelaskan, larangan instruksi radio ini sekaligus meluruskan kembali Pasal 20.1 terkait peraturan balap. Dalam pasal itu disebutkan, "pebalap harus mengendarai mobil sendirian dan tanpa bantuan tim."

0 komentar:

Posting Komentar